Rabu, 07 Desember 2011

PEMOGRAMAN JAVA


DASAR PEMOGRAMAN JAVA
 Kita disini akan membuat program java mulai dari yang paling sederhana , yaitu kita buat program “HELLOW JAVA MOKLET”

public class HELLOW JAVA MOKLET {
public static void main(String[] args) {
System.out.println("Hello HELLOW JAVA OKLET");
}


 Pada program di atas telah membuat program java yang paling sederhana , yaitu menampilkan tulisan “HELLOW JAVA MOKLET”. Dan yang perlu kita ketahui untuk membuat program java yaitu :
1.  Nama file harus sama dengan nama kelas program. Misal pada kode diatas nama kelasnya      adalah HelloWorld, maka nama file harus HelloWorld.java.
2. Hanya boleh terdapat satu kelas public pada sebuah file.
3. Kelas yang menjadi program harus memiliki metode public static void main(String[] args)
4. Terminal pada Java menggunakan tanda ; (titik koma).

a.      Variabel

Variabel merupakan sesuatu yang digunakan untuk menampung sebuah data. Sebuah variabel harus ada dalam sebuah kelas atau metode. Pembuatan sebuah variabel di Java terlihat pada kode dibawah ini.




Tipevariabel namavariabel;

 





Tipe variabel dapat berupa tipe data atau kelas, misal :



int nilai;
char indexNilai;
 





Syarat-syarat penamaan variabel adalah :
1. Harus diawalai dengan huruf
2. Tidak boleh terdapat karakter unik seperti @, #,% dan lain-lain
3. Tidak boleh mengandung karakter putih (spasi, enter, tab)

b.    Tipe Data


boolean  ----à true atau false
char       ----àKarakter
byte       ----à-128 - 127
short     ----à -32768 - 32767
int         ----à-2147483648 - 2147483647
long       ----à-9223372036854775808 - 9223372036854775807
double   ----à4.9E-324 - 1.7976931348623157E308
float       ----à1.4E-45 - 3.4028235E38

String bukanlah merupakan tipe data di Java, String merupakan Object. Namutn string memiliki keunikan yaitu String dapat langsung dibuat tanpa harus membuat Object.




Object dapat memiliki/menjalankan atribut dan atau method

1. Kelas dan Object
Kelas dapat didefinisikan sebagai template/blue-print untuk membuat object. Kelas Pembuatan object dari kelas dikenal dengan nama instansiasi.(Puji Hartono, Pemrograman Aplikasi Wireless dengan Java, 10-11).
Sebagai contoh, kita ambil kelas Manusia, mempunyai atribut nama. Selain itu, ia juga mempunyai method tampilkanNama , kerja, makan. Setiap kelas memiliki konstruktor yang berfungsi sebagai pembentuk object, ia juga berfungsi sebagai procedure yang pertama kali dijalankan ketika object bentukan terbentuk.
Dalam bahasa Java, dapat disajikan dengan code program berikut :
class Manusia{ //Nama File : Manusia.java
String nama;
//konstruktor
Manusia(String n){
this.nama = n;
}
//function mengembalikan nilai nama
String tampilkanNama(){
return nama;
}
//procedure makan
void makan(){ System.out.println("yeee...asikk..asikk..asikk...");
} Tutorial FDM Nurul Huda 2008, bundled by samsonasik
//procedure kerja
void kerja(){
System.out.println("kerja..kerja...kerja...");
}
}
Kita akan menginstansiasi kelas Manusia menjadi object intan.
class Samson{ // Nama File : intan.java
public static void main(String args[]){
//instansiasi kelas Manusia menjadi object intan
Manusia samson=new Manusia("intanik");
System.out.println("Nama "+intan.tampilkanNama());
samson.makan();
}
}
Hasil Compile dan Runningnya nya :
C:\modultutorialjava>javac Samson.java
C:\modultutorialjava>java Samson
Nama intanik
yeee...asikk..asikk..asikk...


2. Pewarisan

Salah satu kelebihan pemrograman berorientasi Objek adalah penggunaan ulang kode-kode yang telah dibuat. Pewarisan adalah salah satu cara diantaranya.
Sebagai contoh, kelas Manusia diturunkan menjadi kelas Mahasiswa.
class Mahasiswa extends Manusia{
//konstruktor Mahasiswa
Mahasiswa(String n){
//memanggil konstruktor Manusia
super(n);
}
//method bentukan baru...
void kerja(){
System.out.println("belajar...belajar...");
}
} Tutorial FDM Nurul Huda 2008, bundled by samsonasik
Angga adalah seorang Mahasiswa keturunan Manusia, setelah dia kerja, dia makan.
class Angga{
public static void main(String args[]){
Mahasiswa angga = new Mahasiswa("INTAN PRASASTI");
System.out.println("Nama : "+INTAN.tampilkanNama());
angga.kerja();
angga.makan();
}
}
Hasil Compile dan Runningnya :
C:\modultutorialjava>javac INTAN.java
C:\ modultutorialjava>java INTAN
Nama : INTAN PRASASTI
belajar...belajar...
yeee...asikk..asikk..asikk...

Setelah object angga memberi tahu namanya, dia kerja dengan method khusus kelas Mahasiswa dan terakhir dia makan dengan method warisan dari kelas Manusia. Kelas turunan akan mewariskan atribut-atribut dan method-method baseclass/parentclass-nya.
Ketika angga makan, dia makan dengan method Manusia, tetapi ketika kerja, dia kerja dengan method baru yang didefinisikan khusus pada kelas Mahasiswa(“belajar…belajar…”), inilah yang disebut dengan method overriding.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar