Senin, 12 Maret 2012

ENKRIPSI DAN DESKRIPSI PADA JAVA

Enkripsi  proses penggunaan algoritma yang kompleks untuk mengkonversi pesan ( plaintext ataucleartext ) ke suatu pesan terenkripsi ( chipertext ). Hal ini ditujukan untuk mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan khusus . Enkripsi dapat digunakan untuk tujuan keamanan , tetapi teknik lain masih diperlukan untuk membuat komunikasi yang aman , terutama untuk memastikan integritas dan autentukasi dari sebuah pesan .

Deskripsi :  proses penggunaan algoritma yang kompleks untuk mengkonversi pesan terenkripsi ( chipertext ) ke suatu pesan ( plaintext atau cleartext ).
Dalam melakukan enkripsi plainteks dituliskan per kolom sesuai panjang kunci dan urutannya.. misalnya Plain Teks : Aku Bukanlah Dewa Kunci : kripto kemudian Kunci diberi indeks sesuai dengan urutan alfabet
k   r   i   p   t   o
2  5  1   4  6   3 Nah jika kita sudah memberikan indeks pada kunci, kemudian kita akan membuat matriks dari plainteks dengan jumlah kolom sama dengan jumlah kunci
k    r    i    p    t    o
2    5    1    4    6    3
A    k    u    B    u    k
a    n    l    a    h    D
e    w    a    *    *    *
Dari matriks yang sudah dibuat maka kita dapat menentukan chiper teks berdasarkan nomor kolom pada index setiap kunci.
Kolom 1  (Kolom i )  : ula
Kolom 2 (Kolom k)   : Aae
Kolom 3 (kolom o)  : kD*
Kolom 4 (kolom p) : Ba*
Kolom 5 (kolom r) : knw
Kolom 6 (kolom t) : uh*
maka chiper teks nya : ulaAaekD*Ba*knwuh*
ketika sudah paham dengan teori nya , pertanyaannya sekarang bagaimana implementasi programnya ??? hehe implementasi programnya sangat mudah, kita hanya perlu memasukkan plainteks ke dalam matriks dua dimensi, kemudian mensorting berdasarkan index kuncin ya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar