Senin, 12 Maret 2012

Konsep AWT

Aplikasi java dapat dibedakan menjadi 3 yaitu Java application , Java Applet dan servlet. Java application telah kita pelajari sebelumnya yang mana berjalan di command prompt dan bersifat text based, keculai aplikasi swing yang dapat mempunyai tampilan GUI.. Java Applet ialah aplikasi GUI yang berjalan di browser (IE,Netscape, Modzilla dan lain-lain ).  Sedangkan Java servlet ialah aplikasi yang berjalan di server. Pada awal kemunculan Java, java applet menjadi bahasa yang sangat popular untuk membuat situs web menjadi  lebih dinamis. Salah satu aplikasinya ialah  chatting , form input ke server dan tulisan yang bergerak bervariasi dengan warna-warni yang indah . materi AWT tetap diberikan di buku ini karena AWT masih tetap diperlukan dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya di dalam pengembangan aplikasi web berbasiskan J2EE.
Abstract Windowing Toolkit (AWT) ialah sebuah API (Application Programming Interface) yang berfungsi untuk membuat aplkasi Graphical User Interface (GUI) yang merupakan bagian dari Java Foundation Classes (JFC). AWT menyertakan sekumpulan komponen untuk membangun grafik, event handling, perangkat gambar, layout manager dan mendukung arsitektur JavaBeans. Paket java.awt berisi seluruh kelas untuk membuat user interface dan gambar grafik serta image. Java applet mempunyai kemampuan untuk mencegah virus menempel di aplikasi kita, karena konsepnya ialah file.class (bytecode) itu diinterpretasi, bukan di eksekusi. Sehubungan dengan hal tersebut, beberapa batasan yang ada pada applet ialah :

  • applet tidak dapat membaca atau menulis system file
  • applet tidak dapat berkomunikasi dengan server lainnya
  • applet tidak dapat menjalankan program di sistem

Untuk membuat applet, dibutuhkan kelas-kelas yang mendukung berupa paket minimum yaitu java.awt.*  dan java.applet.* . Lambang * menandakan sertakan seluruh kelas  yang ada di dalam paket awt atau applet tersebut. Umumnya kelas untuk program applet merupakan turunan dari kelas Applet , yaitu bersumber dari paket java.applet.Applet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar